Thursday, June 1, 2017

Survey Biaya TK di Jogja Utara (Part 3: MySchool)

Tulisan ini berupa post bersambung tentang hasil survey saya mengenai biaya masuk TK di Jogja Utara.
Tampak depan gedung library dan playgroup
3. Sekolahku-MySchool

Sama seperti Bianglala, MySchool juga tidak berbasis agama. Bedanya, MySchool konsepnya mirip sekolah alam dengan lokasi yang terletak di tepi sawah dan peternakan ikan. Fyi, pemandangan di sekitarnya indah sekali, apalagi jika langit cerah dan Gunung Merapi terlihat jelas. Bangunan untuk TK dan SDnya pun sederhana, seperti gedung SD negeri (dulunya merupakan gedung SD inpres) namun lebih banyak dekorasi. No fancy playground ya, seperti sekolah alam pada umumnya.

Untuk playgroup dan daycare gedungnya terpisah dan tentu saja ada tempat bermain yang menarik. Gedung daycare ini menjadi satu dengan perpustakaan yang  -untuk standar sekolah di Jogja- buku anak berbahasa Inggrisnya lumayan banyak dan terbuka untuk umum.

Sayang sekali, karena kuota yang terbatas, mereka tidak memiliki trial class. Khususnya untuk TK, mereka mengutamakan murid playgroup mereka yang naik kelas. Jadilah saya gigit jari, mengingat saya sangat menyukai konsep sekolah alam. 


Ruang bermain siswa playgroup berada di balik rak buku ini (mau motret gak enak hehe)  
Biaya sekolah di sini menurut saya cukup terjangkau. Uang pendaftaran Rp 200.000, SPP Rp 425.000, uang tahunan Rp 3.500.000. Sekolah ini juga merupakan sekolah inklusi, dengan tambahan biaya Rp 100.000/bulan untuk ABK. Jika naik kelas, siswa mendapatkan diskon uang tahunan 20%. Jika menghendaki antar jemput dan katering, layanan tersebut juga tersedia.

Kurikulum yang digunakan di MySchool adalah kurikulum homeschooling nasional dengan student engagement yang tinggi. Selain pelajaran standar di TK seperti Science dan English, MySchool juga memiliki pelajaran Library, Gymnastics, dan Gardening.  Bagi yang ingin mengetahui konsep mereka secara lebih detil bisa mengunjungi website www.sekolahku-myschool.org

PS: Tulisan ini sebenarnya sudah dibuat hampir dua bulan yang lalu, dan saya kirim ke sebuah website parenting. Karena sudah satu bulan menunggu dan tidak dimuat, saya memutuskan untuk memuatnya di blog pribadi :) 


0 komentar:

Post a Comment