Sunday, June 4, 2017

Survey Biaya TK di Jogja Utara (Part 6: TKIT BIAS)

Tulisan ini berupa post bersambung tentang hasil survey saya mengenai biaya masuk TK di Jogja Utara.

6. TKIT BIAS

Tampak depan TKIT BIAS Jalan Kaliurang
Sekolah ini termasuk yang terkenal di Jogja dan memiliki banyak cabang. Lokasi BIAS yang saya kunjungi ada di Jalan Kaliurang Km 10,9. Saat datang ke sana, anak saya langsung minta main di playground yang memang ukurannya sangat besar dibanding sekolah lain yang kami kunjungi. Sayangnya, playground tersebut untuk usia SD (saya tidak tahu kalau cabang tersebut adalah SD BIAS) dan ketika bertanya tentang informasi TK ternyata ada di tepi jalan Kaliurang km 9 dan hanya ada full day school. Yah..saya kira ada yang regular. Saya pun urung mengunjungi TKnya, tetapi sudah mendapat brosurnya.



Dari brosur tersebut saya tahu bahwa pengajarnya adalah para ustadzah yang rutin mengikuti kegiatan pengembangan profesi. Selain itu, pengajaran huruf AlQuran dilakukan secara small group, pengajaran ilmu tauhid dengan cara sambil bermain sehingga tidak terkesan berat, juga belajar berwudhu tanpa takut basah karena anak diwajibkan membawa dua stel pakaian ganti. Makanan disajikan secara prasmanan setelah tidur siang, dan saat tidur siang tersebut anak-anak diputarkan lantunan juz ‘amma. Cukup menarik, ya..

Biayanya cukup mahal untuk sekolah full day, yaitu pendaftaran dan tes tumbuh kembang Rp 450.000, biaya saat masuk yang dibayar sekali saja (sejenis uang gedung) Rp 11.315.000, biaya rutin per semester RP 1.645.000, registrasi naik kelas Rp 600.000, dan SPP Rp 1.350.000. Sama seperti Afkaaruna, dalam brosur dicantumkan komponen apa saja yang tercakup dalam biaya tersebut, sehingga calon walisiswa tahu pasti uangnya akan digunakan untuk apa. Untuk yang memiliki dana pendidikan lebih, dan ingin anaknya sekolah full day, saya rasa tidak udah berpikir dua kali untuk memasukkan anak kesini. Suasana sekolahnya pun sangat luas dan nyaman layaknya sekolah alam, banyak pepohonan dan dekorasi outdoor. Info lebih lengkap bisa dibaca di www.sibibias.sch.id

(Update: saya mengunjungi BIAS lagi Juli 2019. Klik di sini untuk reviewnya)

0 komentar:

Post a Comment