Saturday, June 3, 2017

Survey Biaya TK di Jogja Utara (Part 5: Afkaaruna Islamic School)

      Tulisan ini berupa post bersambung tentang hasil survey saya mengenai biaya masuk TK di Jogja Utara.



5. Afkaaruna Islamic School

Perkenalkan, the new kid on the block, baru menerima murid tahun lalu. Lokasinya di Harjobinangun, masuk beberapa kilo dari Jalan Kaliurang km 12,5. Suami saya tahu tentang sekolah ini dari seorang teman dan setelah di googling, kami pun mantap menengok ke sana. Sekolah ini menempati bangunan rumah sang pemilik, dan masih banyak sawah di sekelilingnya. Saat masuk ke front office, saya langsung kegirangan melihat buku-buku anak impor terpajang di sana, haha… Kebetulan sekali pemiliknya sendiri yang menyambut sehingga suami bisa bertanya-tanya sementara saya dan anak tur keliling sekolah.

Afkaaruna menyebut dirinya sebagai internasional madrasa, yang konsep intinya adalah menggabungkan tiga poin: Islam, local culture, dan international mindedness. Walaupun baru berdiri, mereka menggunakan IPC alias International Primary Curriculum dan SDnya pun sedang dalam tahap pembangunan.

Saat kami berkunjung, murid-murid TK sedang belajar bahasa Inggris dipandu seorang native speaker. Oh ya, bahasa pengantar di sini adalah bahasa Inggris (newsletter untuk walisiswa pun full in English). Kelas playgroup dan TK B kalau tidak salah berada di bangunan utama, dan kelas TK A menempati ruangan setengah terbuka di belakang dan langsung menghadap playground dan sawah, langsung bikin jatuh cinta! Mereka juga diajarkan berkebun sehingga di sekitar playground yang ada rumah bambu mininya, kita bisa melihat beberapa tanaman hasil karya mereka. Seperti sekolah alam ya..




Jam sekolahnya dimulai pukul 7.30 dimana murid-murid secara personal mengingat kembali hafalan surat-surat pendek, kemudian solat dhuha, english vocabs enrichment, materi IPC, dan materi sejarah Islam sampai sekitar 11.30, dilanjutkan sholat dhuhur berjamaah dan makan siang. Untuk murid full day, sekolah berakhir pukul 16.15. Pendirinya merupakan sekelompok dosen yang sama-sama meraih gelar doktor di luar negeri, sementara sebagian pengajarnya memiliki latar belakang pendidikan pesantren.  

Biayanya masuknya Rp 6.000.000 untuk TK A (sudah termasuk uang pendaftaran dan seragam, juga biaya field trip dan tutup tahun) dan TK B Rp 4.250.000. SPP Rp 450.000 termasuk snack harian, dan tambahan RP 150.000 untuk daycare. Untuk info yang lebih detil bisa dilihat di www.afkaaruna.sch.id

Halaman belakang berbatasan dengan sawah




0 komentar:

Post a Comment