Wednesday, July 10, 2019

Big Bad Wolf Book Sale Datang ke Jogja!


Finally! Big Bad Wolf Book Sale datang ke Jogja!


Alhamdulillah banget… Setelah sedikit deg-degan karena rumor BBW bakal ke Jogja sudah tersebar sejak awal tahun (dan saya mikir, mana mungkin…katanya butuh kota pelabuhan untuk membawa truk-truk berisi jutaan buku tersebut. Jogja kan nggak punya pelabuhan), ternyata kemarin akun Instagram resmi @bbwbooks_id sudah posting tentang BBW Jogja yang insya Alloh akan berlangsung dari 2-12 Agustus. Nampaknya, kontainer-kontainer tersebut berdiam di suatu tempat dulu biar bisa mengunjungi kota lain.

So, what to expect?

Ekspektasi saya, pengunjungnya beradab. Alasannya, Jogja kota pendidikan. Toko buku kecil aja masih hidup, perpustakaan kota always penuh, pameran buku sering banget, jadi buku bukan hal baru. So, make sense ya harapan saya.

Sebagai pemilik olshop buku anak dan pecinta buku, saya tidak pernah lepas memantau BBW sejak awal hadirnya di Indonesia. Awal BBW di Jakarta, buku berserakan. Sangat tidak manusiawi. Namun, penyelenggaraan di Jakarta tahun-tahun berikutnya, sudah aman. Saya datang sendiri (baca disini) dan tidak ada masalah dengan buku, selain juga sudah ada himbauan dari panitia untuk mengembalikan buku yang tidak jadi dibeli pada tempatnya. Cuma, BBW Jakarta yang Maret lalu aja ada jastip yang mengembalikan buku cancelan nya setumpuk brek di meja yang bukan kategorinya. Padahal kan, ada meja khusus untuk buku yang di cancel. Zzzz…sedih deh sama jastip model gini. Saya sendiri pernah buka jastip dan masih pake hati kalo memperlakukan buku.

Walaupun begitu, masih lebih brutal lagi di Bandung. Saya nitip sodara kesana. Antriannya panjang karena katanya venue nya kecil. Itu ga terlalu masalah sih, berarti animo masayarakat tinggi. Tapi….begitu saya video call untuk request buku di section Children’s Reference and Picture Books…semua udah campur baur dan banyak yang kondisinya udah nggak mulus layaknya buku obralan. Pengen nangis akutuuu… Entah ini pengunjung secara umum atau jastip, yang pasti saya cukup kecewa. Semoga di Jogja nggak brutal, apalagi sampe melempar buku kaya pas di BBW Surabaya (saya liat videonya yang sempat viral).

Ekspektasi kedua adalah tempatnya nyaman. Jogja Expo Center cukup besar untuk menghelat event sekelas BBW dan tempat solatnya nggak sejauh di ICE BSD. Mungkin juga nggak sedingin di ICE BSD. Parkiran luas dan toilet lumayan lah.

Kemudian, makanannya semoga ga semahal di Jakarta dan nggak usah pake kupon-kuponan segala. Di ICE BSD harga 45 ribu rata-rata. Buset dah. Tapi orang Jogja terkenal ngirit kok, hahaha… Apalagi mau buka jastip, mending bawa bekal yah. Minum yang banyak. Jangan sendirian kalo mau cari buku agak lama biar bisa gantian solat n pipis.

Semoga juga ada playground buat anak, nursing room, dan reading corner yang ada storytellernya kaya BBW Jakarta terakhir yang mengundang Brenda-nya Hello.Library.

Kemudian, semoga crew nya well informed. Most cases, crew nya nggak bener-bener tahu buku yang ditawarkan. At least, crew nya hafal buku ini belongs to section mana. Jadi nggak malah menyesatkan pengunjung. Bisa dibikin penanggung jawab per section kan, karena nggak mungkin juga ngapalin semua. Kalau bisa, dipilih orang yang emang ngerti buku. 

Sekian, mari pengiritan dulu biar Agustus bisa belanja buku dengan leluasa.

0 komentar:

Post a Comment