Saturday, January 16, 2016

Ada Mini Zoo di Katoomba!

Sebagai warga Jakarta coret, saya gemar mencari tempat weekend yang hijau, seperti taman dan destinasi wisata ramah anak. Tiga tahun tinggal di Kabupaten Bogor, saya baru sadar ada green park yang worth visit, hanya 5 menit dari rumah. Duh, kemana aja ya saya?

Sebetulnya sudah lama saya mendengar tentang Katoomba, tetapi hanya sebagai kolam renang saja. Plang-nya cukup besar di tepi jalan, tetapi karena lokasinya masuk ke gang kecil saya jadi underestimate. Sempat lihat juga foto DP tetangga saat berenang di sana, dan saya makin mantap tidak tertarik kesana, haha..


One day, arisan RT diadakan disana, sekaligus penutupan arisan periode ini. Pas suami juga sedang libur, saya ajak anak dan suami untuk berenang. Maksudnya, saya arisan sementara anak dan suami berenang (curang ya). Sampai di sana, ternyata tempatnya bagus. Dari depan memang terlihat sempit, gerbangnya pun biasa saja, hanya ada pos satpam yang ternyata merupakan loket pembelian karcis.

Playground yang bersih (termasuk bersih dari orang, haha)
Ketika memasuki area Katoomba, ternyata tempatnya asri, banyak taman dan mainan untuk anak seperti ayunan dan perosotan. Kolam renang menempati area sebelah kanan, sementara taman dan gazebo di sebelah kiri. Karena arisan belum dimulai, kami bertiga pun jalan berkeliling. Aksa senang sekali. Selain bisa main perosotan, ia juga bisa melihat patung berbagai hewan berukuran besar. Di ujung belakang Katoomba, ada restoran yang berada di atas sebuah kolam, begitu juga di tepi kolam renang. Tempat ini ternyata juga menyasar aktivitas meeting dan pesta. Untuk arisan, kami menyewa sebuah gazebo dengan harga Rp 350.000 tapi saya tidak tanya fasilitas apa yang diperoleh cuz it sounds too pricey for me.

When it seems like that’s the end of the path, I heard my neighbor said his son was looking at the animals. Okay, saya pikir tidak ada salahnya melihat beberapa hewan, Aksa pasti suka. Kami pun berbelok ke kiri dan mulai menemui beberapa ayam dan burung di kandang. Eh, tapi kok ada monyet juga ya? Wah, seperti kebun binatang nih. Saya pun mengikuti jalan setapak dan menemui lebih banyak hewan di sana. Ada berbagai burung seperti bangau, lalu luwak, termasuk kuda (tapi saya lupa melongok kandang kuda, cuma sempat melihat dari jauh saja). Yang saya sadari belakanga, ternyata Katoomba juga merupakan Mini Zoo. Pantas saja.

Aksa takut monyet
Burungnya bagus-bagus motifnya
Harus digendong biar keliatan
Untuk ukuran tiga hektar, mini zoo-nya cukup bagus dan bersih, harga tiket masuknya pun terjangkau, Rp 25.000 rupiah. Bagi saya , kebersihan cukup mempengaruhi penilaian. Kebetulan, saya datang jam 9 pagi di hari Sabtu sehingga kondisi belum begitu ramai. Kalau saya bandingkan dengan foto kolam renang yang ada di website, foto yang di website seperti cendol, haha..

Setelah semua kandang binatang dikunjungi, Aksa dan ayahnya pun berenang. Jika tidak membawa ban, di sana disediakan kok. Kalau lapar, banyak booth di tepi kolam renang dengan makanan yang harganya terjangkau. Beberapa anak tetangga malah main pasir dengan cetakan seperti di pantai, karena di playgroundnya ada juga area pasir yang cukup bersih. Yang tidak bersih hanya satu, kata suami saya, yaitu kamar mandi di kolam renang. Saya tidak sempat melihat sih, karena Aksa saya mandikan di shower luar. Selesai berenang, kita juga bisa menyewa ATV yang berada di bagian ujung Katoomba.

Aksa betah melihat angsa di kolam ini
Sebagai tambahan hasil browsing di Google, ternyata Katoomba juga memiliki pemancingan, ruang menyusui, musholla, dan loker. Bagi warga Bogor dan sekitar Cibubur, mungkin green park ini bisa dijadikan alternatif. Sebaiknya berkunjung di pagi hari ketika masih sepi atau (jika sedang tidak bekerja) hindari weekend.


 
Gambar ini saya ambil dari google karena saya malah tidak memotret kolam renangnya :/




4 comments:

  1. Wah bagus tempatnya. Btw td liat2 post di sini terus tertarik baca ini karena nama tempatnya sama dengan nama tempat terrkenal di Australia (Katoomba - Blue Mountains) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh pantes, pas aku googling yg muncul pertama Katoomba yg Oz..

      Delete
  2. Thankyou for the article, apakah tiket masuk utk Kolam Renang dan Mini Zoo nya sama? Atau berbeda?

    ReplyDelete