Wednesday, September 13, 2017

7 Things I Like about Grand Keisha


Alhamdulillah, bulan lalu suami mendapat voucher menginap di Hotel Grand Keisha by Horison. Berbeda dengan voucher sebelumnya, kali ini pihak hotel yang officially mengundang suami untuk meliput hotel yang tergolong baru di Jogja ini.  So, kami pun mendapat extra treatment  (yeayy!) dan inilah lima hal yang saya suka dari Grand Keisha:

1.       Jus Sawi
Tampaknya welcome drink sekarang sudah menjadi hal langka di dunia perhotelan. Jadi, saya senang sekali ketika sampai di hotel, saya ditawari memilih welcome drink (apa mungkin saya dikira rombongan dari Bank Jateng ya, soalnya saya datang bersamaan dengan mereka). Pilihannya adalah teh, orange juice, dan jus sawi. Saya pilih yang terakhir karena penasaran, dan ternyata rasanya enak banget…! Saya udah bujuk suami yang habis dari resepsionis untuk mengambil satu gelas, sayang ia menolak. Gagal deh modus nambah..

Area lobi minus foto welcome drink :p
2.       Kamar putri raja
Begitu buka pintu kamar, saya langsung takjub dengan interior kamar yang bernuansa biru putih. Kamarnya seperti kamar putri raja dan luassss…. Setelah saya tanya suami, ternyata kami menempati tipe Junior Suite yang luasnya sekitar 53 m². Sebagai perbandingan, Deluxe Room luasnya 29 m². Cukup terasa bedanya. Harganya pun “putri raja”, sekitar Rp 1,3 juta kalau di situs booking dan Deluxe Room sekitar Rp 600 ribuan. We’re so lucky then J Dengan kamar seluas ini, plus lantai berkarpet tebal, kedua anak saya (4yo dan 7mo) puas bermain. Si kakak puas main lari-larian, lompat, berguling, dan petak umpet (ada satu pilar besar di kamar kami dan korden yang cukup besar untuk bersembunyi), sementara the bayek yang baru mulai ngesot bisa ngesot sepuasnya tanpa takut terbentur furniture. Ibunya pun bisa puas ngopi-ngopi di depan laptop sambil memandang Jogja dari lantai 6 tanpa takut tertabrak anak yang lari-lari.






3.       Kamar mandi “lengkap”
Kamar mandinya juga besar karena bath tub terpisah dengan shower room. Yang saya suka dari kamar mandinya adalah, pertama, saya bisa memandikan si dedek di bath tub. Terakhir kali kami menginap di hotel yang hanya ada shower, sehingga (maaf ya dek) kami memandikannya di wastafel. Waktu itu dia masih kecil, jadi masih cukup, hehe.. Kedua, air panasnya cepat panas. Penting banget ya? Iya, apalagi kalau habis berenang harus memandikan si kakak yang sudah kedinginan. Ketiga, amenitiesnya ada body lotion. Sebagai makhluk non AC, tidur di ruangan berAC langsung membuat kulit kering. Walaupun body lotionnya odorless tidak masalah, yang penting ada. Keempat, ada bidet alias shower cebok. Sekarang banyak toilet yang bidetnya tertanam di kloset, yang membuat kita susah nyebokin anak, haha… Lebih modern dan ringkas memang, namun rempong kalau anaknya masih kecil, ya kan.. Kelima, di atas kloset ada tempat untuk menaruh handuk or pakaian ganti. Terkadang area kamar mandi yang sempit membuat baju dan handuk seperti “rebutan” tempat dan kamar mandi berasa barak penampungan. Kalau disini tidak. Yang tidak ada hanya satu: bathrobe. Oh ya, ada hairdryer juga, jilbab ga perlu kebasahan habis renang.
  
4.       Ramah busui dan MPASI
Karena saya pumping, saya pun menanyakan tentang freezer untuk menyimpan ASI. Ternyata saya bisa menitipkan ASI di restoran. Tinggal telepon, bellboy akan datang mengambil ASIP dan memberi kartu tanda penyimpanan. Untuk mengambil ASIP, kita harus datang sendiri ke restoran karena harus menukarkan kartu tersebut secara langsung. Di kamar pun ada minibar (kosong) yang bisa untuk menyimpan ice pack sementara. Saya membawa dua ice pack yang saya sertakan satu demi satu setiap saya menitipkan ASIP). Air panas untuk membuat bubur instan tinggal mengisi teko, sementara untuk MPASI non instan tinggal kita taruh di minibar jika belum ingin dikonsumsi). Sayangnya, tidak ada baby crib yang bisa disewa. Jadinya, saya harus ekstra hati-hati membentengi si dedek agar tidak jatuh dari bed, mengingat tinggi bed di atas standar bed normal (kira-kira setinggi paha saya). Sebagai “benteng” tambahan, ada end of bed bench alias bangku panjang di kaki kasur.  Bagi tamu hotel yang tidak menginap, disediakan nursing room tepat di depan restoran di lantai dasar.

Inside the nursing room

Nursing room
5.       Lokasi
Lokasi  Grand Keisha memang strategis sekali, yaitu di Jalan Gejayan, selompatan saja dari perempatan ring road utara. Jalan sedikit kea rah kiri ada indomaret, menyeberang ada Bank Mandiri, BCA, dan pom bensin. Kalau lapar, Jalan Gejayan merupakan salah satu pusat kuliner di Jogja. Males jalan? Go Food aja. Ada Bebek Slamet, ayam krispi bersaus yang lagi hits, Panties Pizza, Sushi Story, sampai Pempek Ny. Kamto semua ada di ruas jalan ini. Pagi-pagi saya sempat jalan kaki sama the krucils sementara ayahnya berenang. Ternyata sekitar 100 meter di kiri hotel ada tempat sarapan yang cukup ramai, entah pecel entah gudeg. Saya tidak bisa melihat isi baskomnya. Buat yang dari kota besar mungkin lebih mencari sarapan khas seperti ini. Buat yang dari kota kecil, ada Hartono Mall di belakang hotel.

Sky Lounge

The green runway
6.       Masih bisa mendengar adzan
Nah, ini yang saya suka. Biasanya kan kalau di hotel kita tidak bisa mendengar adzan ya. Mendadak kedap suara aja semua kehidupan nyata di luar sana. Kalau di sini, adzan masih terdengar lho dari kamar, soalnya sebelah kiri hotel ada masjid yang cukup besar. Bahkan, sewaktu saya ke resto Ottoman yang menyatu dengan Sky Lounge, saya bisa mendengar adzan isya bersahut-sahutan. Indah sekali… Di Sky Lounge ini pula ada runway berupa rumput sintetis, yang tampaknya memang dirancang untuk acara peragaan busana, or private wedding maybe?


Nasi kebuli porsi besar
7.       Resto Ottoman
Kalau menginap dengan voucher, bisa dipastikan kita adalah tamu pengiritan, haha… Berhubung kemarin kami sekaligus tamu undangan, dapatlah kita makan malam di resto Ottoman yang menyajikan makanan khas Turki. Saya tidak ingat nama menu-menunya, tetapi kami memesan sejenis nasi kebuli, nasi goreng, dan roti pratha, berikut orange juice dan frappuccino coklat. Minumannya enak semua! Kopinya kuat bikin melek sampe dinihari, haha…Makanannnya enak walau gak memorable, tetapi roti prathanya selera saya banget. Harganya makanannya 50 ribu keatas tetapi porsinya bisa buat berdua. Karena itulah, kami gagal menghabiskan pesanan kami, tetapi….sisa makanannya bisa diantar ke kamar! Kebetulan nasi gorengnya benar-benar Cuma diicip dua sendok karena si kakak mogok makan. Kalau udah tinggal sedikit jelas lah…ga mungkin minta diantar ke kamar..





Menurut saya highlightnya ada di tujuh poin di atas. Untuk kolam renang memang ukurannya tergolong kecil tetapi ada kids pool kok. Ruang fitness baru menyediakan satu treadmill. Untuk sarapan, pilihannya banyak dan ukuran restonya lumayan besar. Menu yang enak malah menu standarnya, yaitu nasi goreng dan omelet. Menurut saya dua menu sederhana ini beda dengan menu di hotel lain, karena memang rasanya enak. Sliced cake dan muesli pun diletakkan di dalam etalase berpendingin (saya tidak tahu namanya) sehingga tetap yummy.



Info tambahan, musholla di hotel ini mengingatkan saya pada musholla di Syariah Hotel Solo. Tempat wudhunya ada di dalam area restroom sehingga bagi yang berjlbab tidak perlu kuatir terlihat auratnya. Mushollanya pun bersih walau tidak terlalu besar. Alat solat disediakan.

Oke, sudah 1000 kata lebih ini, semoga tidak lelah membacanya. Kesimpulannya, recommended.





Sunday, September 10, 2017

Kids Fun Parcs, 11 Tahun Kemudian


Pernah ke Kids Fun Parcs di Jalan Wonosari? Saya sih pernah, tapi duluuu…saat masih kuliah. Tepatnya tahun 2006. Saat itu, Kids Fun merupakan satu-satunya “Dufan mini” yang ada di Jogja. Lokasinya pun nun jauh di Jalan Wonosari.

Sebelas tahun berlalu, Kids Fun ternyata tetap menyenangkan untuk dikunjungi dan tetap sepi, hahaha… Taman bermain yang sepi itu menurut saya suatu karunia, asalkan tetap bersih dan terawat. Kita tidak perlu capek mengantre hanya untuk menaiki satu wahana. Kids Fun termasuk dalam kategori ini. Jenis wahananya pun bertambah, walau ada yang belum berfungsi.


Jet Rider

Santa Fe, seperti Wild Wild West
Siang itu, saya sekeluarga sampai di Kids Fun saat matahari sudah tinggi. Ternyata, harganya di atas ekspektasi kami. Satu orangnya Rp 89.000, dan kami bertiga. Saya pikir harganya sekitar 50 ribuan (emangnya playland di mall). Karena sudah terlanjur sampai sana, kami pun masuk. Rejeki anak sholeh, ternyata ada promo kemerdekaan buy 2 get 1 free..! Aih senangnyaaa… Tiket ini berlaku untuk 23 wahana permainan tetapi tidak termasuk gokart, flying fox, wall climbing, dan rollercoaster.
Aksa pun sempat mencoba beberapa wahana, seperti Jet Rider (kapal mini di lintasan air) dan kereta Santa Fe, namun menolak beberapa wahana seperti Harley Davidson dan apapun yang ia harus mengendarai sendiri. Tampaknya ia sudah tidak sabar bertemu dinosaurus favoritnya, yang akhirnya membuat kami potong kompas langsung ke Jurrasic Park.






Jurrasic Park ini berupa kereta satu lintasan dengan setting taman dinosaurus, tentu saja dengan beberapa patung dino yang besar dan mengeluarkan suara. Untuk jenis kereta dengan taman seperti ini, menurut saya tergolong bagus kualitasnya baik dari segi estetika, properti, dan kebersihannya. Sayangnya, untuk wahana dino ini hanya boleh dinaiki satu kali saja. Tiket kami pun diberi tanda oleh petugas.

Selesai dari Jurrasic Park, kami rehat sejenak. Karena tidak boleh membawa makanan dan minuman (security melakukan cek tas di loket), saya pun membeli popcorn. Alhamdulillah tumbler air minum masih lolos sensor, jadi tidak terlalu boros untuk membeli minum. Di beberapa titik, terdapat tempat untuk membeli makanan dan minuman, serta area untuk sekadar duduk bersantai. Kami pun rehat di area yang disebut terakhir. Furniturnya sih terlihat masih baru, sama seperti bangku melingkar di bawah pohon yang terbuat dari rotan. Bagus deh.



Tidak jauh dari tempat makan tadi, ada ruang P3K yang merangkap nursing room. Seingat saya, dulu tidak ada fasilitas ini (atau mungkin dulu saya belum menyusui ya, jadi nggak ngeh). Kebetulan si dedek haus, saya pun menjajal nursing roomnya. Di dalam ada dua petugas mbak-mbak, dan saya menyusui di salah satu bed pasien yang dibatasi tirai. Ruangannya bersih dan lega. Saya pun bisa menyusui sambil berbaring seperti di rumah.




Keluar dari nursing room, kami pun melanjutkan perjalanan. Sayang sekali, Aksa menolak menaiki 
cukup banyak wahana seperti Old Dream (mobil jaman koboi), kereta ulat, dan Swinger (ayunan yang berputar). Alhamdulillah, Swinger bisa dinaiki orang dewasa sehingga emak-emak yang mendamba ayunan inilah yang akhirnya naik. Senennnggg banget, karena ini wahana favorit saya di Dufan. Saat mau melanjutkan perjalanan ke wahana lain, matahari sudah terik sekali. Wahananya pun tinggal yang untuk orang dewasa. Tepat pada saat itu ada announcement dari petugas kalau akan ada pentas bajak laut. Oke, ga ada salahnya dicoba.

Swinger
Old Dreams

Kami pun kembali ke depan karena panggungnya berada di dekat pintu masuk. Saat kami tiba, pentas sudah mulai dengan penonton anak-anak memenuhi sepertiga ampiteater, sementara orangtua mereka duduk di bangku kafe di bagian atas. Pentasnya, mmm….not bad. Pemerannya memakai kostum ala bajak laut dan kawan-kawan, sementara dialog didubbing. Kalau kesan saya pribadi sih, pemain terlihat jenuh dengan pekerjaannya, hahah.. Bahasa tubuhnya males-malesan dan seadanya. Bahkan sewaktu break dari panggung, ada yang langsung mengecek hp. Kalau nggak salah sih ada beberapa dialog yang kata-katanya agak kurang pas untuk anak saya yang berusia 4 tahun. Secara keseluruhan, cukup memberikan pengalaman baru untuk Aksa dalam menikmati pertunjukan (soalnya belum pernah). Pentas ditutup dengan quiz, yang bisa menjawab boleh maju ke atas panggung dan mendapat hadiah.

Last part, kami masuk ke Magic Castle. Dulu banget, gedung ini isinya mainan koin. Sekarang, Magic Castle berupa area inflatables, semacam playland di mall yang berisi perosotan, trampoline, area panjat memanjat. Walaupun harus membeli kaos kaki dulu di souvenir shopnya, saya merasa sangat puas dengan pelayanan di wahana terakhir ini. Kenapa? Karena orangtua tidak diperkenankan menemani, petugas di sana sangat friendly terhadap anak saya. Dengan pengunjung yang tidak lebih dari lima anak, Aksa didampingi full oleh Mbak-nya. Biasanya, di area seperti ini Aksa hanya jadi observer dan beraninya hanya di area yang masih bisa melihat ortunya. Namun, kali ini ia mencoba hampir semua permainan di Magic Castle, tentu saja bersama dengan Mbak yang ramahnya seperti guru TK, hehe…


Sebenarnya masih ingin menuntaskan mencoba semua wahana, tetapi si dedek kasian…sudah rindu kasur nampaknya. Akhirnya kami pun pulang. Alhamdulillah, weekend di Kids Fun ini menyenangkan dan Aksa menikmati. That’s the most important thing.